Saya coba ambil koneksi cablenet centrin mulai akhir tahun 2005, dan memang lumayan mulus meskipun dalam kurun waktu itu ada permasalahan juga, misalnya kl ada petir langsung hank modemnya (mungkin biasa ya kek gini[?]), trs sehari ada 2 - 3 kali DC ya sudah gpp. Tp setelah pertengahan tahun 2006 ketika pas Bandung diguyur ujan angin yg mengakibatkan beberapa peralatan di daerah BTS Atmosfir rusak, sejak kejadian itu terjadi penyakit aneh, yaitu setiap hari antara jam 17.00 s/d 23.00 selalu dalam periodik waktu tertentu koneksi drop, packet loss, sampe titik tertentu DC, dan router saya redial lagi terus dalam kurun waktu itu.
Saya sempet curiga masalah listrik karena kejadiaannya ketika kebutuhan listrik di daerah saya peak, saya sudah check memang daerah saya listriknya gak beres dari PLN-nya, shg saya coba untuk memasang beberapa alat pengaman listrik agar stabil, dan terus dipantau kalo masalah lagi. Dan listriknya sudah OK, tp masalah masih tetep ada. Saya check ke ISP saya untuk minta bantuannya untuk hal ini.
Pihak ISP sudah berupaya membetulkan listrik di BTS Atmosfir dan lumayan kendala ini hilang, setelah beberapa minggu kedepan masalah ini timbul lagi, saya check juga keadaan di saya spt listrik, alat2 router yg dipake dsb, saya juga check ethernet di PC router dan saya ganti dengan yg baru untuk ethernet2 kelas lama, tuker beberapa kali modem adapter ke pihak ISP dsb tp tetep masalahnya ada.
Sampe skg masalah itu tak kunjung reda, karena saya kebetulan ada 2 link secara fisik ke ISP yg sama, saya juga monitoring 2 PC router saya itu, ternyata memang pas jam2 itu dua2nya bermasalah, jd saya asumsikan PC router masih layak pake, karena pas kondisi bagus pun hardware yg dipake masih tetep sama.
Sampe ujungnya 1 minggu terakhir ini udah jarang yg mau pake kl pas sore hari di warnet saya karena mereka sudah tau buruknya koneksi pada jam2 tersebut, dikarenakan kondisi itu terus berlangsung dan tidak ada penanganan yg efektif dari pihak ISP ini saya kebinggungan juga mengingat masalah terjadi pas diluar jam kantor, tidak ada admin jaga yg ready 24 jam, padahal idealnya kl kita buka service 24 jem ya tentunya ada pihak produsen yg ready 24 jem juga. Nah kl sudah kasus spt saya ini, saya coba komplain percuma saja karena di kantor pada jam2 itu tinggal satpam doang. Padahal masalah itu dateng tidak mengenal waktu kapan saja bisa terjadi.
Kendala ini sangat terasa di user game, dan ironisnya user di warnet saya ini 80% adalah user game, dengan adanya masalah ini tentu sangat memberatkan kami, dan di link internet untuk urusan ini tidak begitu terasa banget. Dilemanya user ISP saya itu kebanyakan untuk internet biasa jd mungkin komplain ini kebanyakan dari saya saja (Mungkin terkesan bawel/cerewet), kl saya orgnya objective kl emang bermasalah saya komplain trs sampe ada kepastian, toh bagi mereka jd masukan yg berarti buat kedepannya.
Gak tau neh saya mau gimana lagi warnet udah terjepit sepi dari pengunjung, income otomatis hilang 1/2 nya karena jam sore ka malam sudah tidak bisa diharapkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar