05 Oktober 2016

Cara Rooting Di Xiaomi

Jika anda sudah berhasil mengikuti step-1 s/d step-4 di artikel Cara Flashing ROM Di Xiaomi, anda tinggal melakukan beberapa step saja untuk proses rooting di device Xiaomi ini. Untuk proses rooting umumnya ada beberapa cara yaitu dengan menggunakan custom recovery TWRP dan CyanogenMod. Dalam artikel ini saya menggunakan custom recovery dari TWRP.

Download terlebih dahulu custom recovery sesuai dengan device anda di https://twrp.me/Devices/. Jika device anda tidak ada di list itu, ya sudah bubar saja :-).

Saya menggunakan Xiaomi Mi 4i (ferrari) dan kebetulan ada di list devicenya. Silahkan download di https://dl.twrp.me/ferrari/twrp-3.0.2-0-ferrari.img simpan di komputer/laptop anda.

Download SU Binary disini dan simpan di storage device anda. SU Binary ini nanti dipake ketika device dalam mode Fastboot. Jadi pastikan jangan disimpan di komputer/laptop.

Pada artikel Cara Flashing ROM Di Xiaomi, anda sudah menginstall Xiaomi Mi Flash Tool Version 6.8.30 di komputer/laptop bukan? Nah kita perlu aplikasi yang namanya adb.exe dan fastboot.exe. Defaultnya ada di C:\Program Files\Xiaomi\MiPhone\Google\Android, biar gampang copykan saja twrp-3.0.2-0-ferrari.img yang sudah didownload tadi ke folder C:\Program Files\Xiaomi\MiPhone\Google\Android.

Buka Command Prompt, ketik perintah ini:
C:\Users\user>cd C:\Program Files\Xiaomi\MiPhone\Google\Android [Enter]
C:\Program Files\Xiaomi\MiPhone\Google\Android>adb devices [Enter]
* daemon not running. starting it now on port 5037 *
* daemon started successfully *
List of devices attached
8060faf1        device
Itu artinya device anda sudah dikenali. Silahkan masuk mode Fastboot spt yg sudah dijelaskan pada artikel Cara Flashing ROM Di Xiaomi step ke-10. Setelah itu kita lakukan proses rooting ini:
C:\Program Files\Xiaomi\MiPhone\Google\Android>fastboot flash recovery twrp-3.0.2-0-ferrari.img [Enter]
target reported max download size of 268435456 bytes
sending 'recovery' (27222 KB)...
OKAY [  0.860s]
writing 'recovery'...
OKAY [  0.895s]
finished. total time: 1.758s

Kita boot melalui dengan custom recovery baru:
C:\Program Files\Xiaomi\MiPhone\Google\Android>fastboot boot twrp-3.0.2-0-ferrari.img [Enter]
downloading 'boot.img'...
OKAY [  0.862s]
booting...
OKAY [  0.260s]
finished. total time: 1.125s

Nah, kita masuk ke mode TWRP, silahkan geserkan ke kanan Swipe to Unlock, lalu cari menu install dan arahkan ke file SuperSU-v2.78-201609011115.zip yang sudah kita simpan di device kita itu. Tinggal geser saja ke kanan Swipe to confirm Flash untuk mengkonfirmnya, tap Reboot System. Setelah itu device anda akan reboot otomatis dan sudah rooted.

Tidak ada komentar: