20 September 2011

Cara membersihkan Virus, Worm, Malware, Trojan dsb

Sering kali kita dibikin repot dengan Virus, Worm, Trojan Horse, Spyware dsb. Apalagi pengelolaan komputer yang cukup banyak ditambah gak ada yang bantuin, tentunya bikin cape :D. Ada beberapa cara konvensional yaitu dengan memasang Anti Virus di komputer, tetapi terkadang kalo ada Malware yang lolos, karena lupa update Virus Definition, atau Anti Virus itu sendiri mati dikill Virus nah, ini bikin repot juga. Ditambah proses infeksinya broadcast lewat LAN, wah... makin makyus saja :).

Jika kita gunakan USB Drive yang sudah diinject Anti Virus, kadang cara ini juga konyol juga, ujung-ujungnya malah USB Anti Virus kita terinfect juga. Discan lewat LAN, kadang memakan waktu lama dan hasilnya kurang akurat (Adanya file system/beratribut yang tidak bisa diakses via LAN).

Cara yang lebih efektif dan efesien adalah dengan menggunakan Diskboot. Kenapa?, karena kita sama sekali tidak menggunakan system yang terinfeksi, dan carilah Diskboot yang running Linux untuk meminimalkan resiko terinfeksi juga. Rata-rata perusahaan Anti Virus telah menyediakan kebutuhan ini, katakanlah Kaspersky Lab dengan Diskbootnya.  Kita tinggal burning ke CDROM atau USB Drive.

Saya pilih lewat USB Drive karena tidak semua komputer ada CDROM-nya, disamping itu menggunakan USB Drive lebih praktis meskipun transfer-ratenya tidak secepat CDROM. Kaspersky Lab menyediakan untuk keperluan mewrite dengan tool rescue2usb.exe, tetapi cara ini kadang tidak disupport sepenuhnya dengan versi BIOS tertentu. Saya lebih suka menggunakan Rufus sejauh ini tidak ada masalah dengan versi BIOS yang ada.

Ada juga vendor Anti Virus sudah menyediakan utility untuk create USB Drive otomatis, misalnya Avast Anti Virus. Ini cara yang paling mudah untuk bikin USB Drive bootable. Kelemahannya anda harus install terlebih dahulu Avast Anti Virusnya yang barang tentu cukup menghabiskan waktu anda. Tapi jika anda berminat atau memang Avast Anti Virus sudah terinstall di komputer anda, anda bisa mengikuti tutorial di link berikut ini.

Saya akan coba bahas langkah-langkahnya menggunakan Anti Virus yang Rescue Disknya sudah disediakan oleh vendor.

1. Siapkan USB Drivenya, dengan space 2 GB saja sudah cukup.
2. Download Anti Virus bootable, silahkan pilih saja. Penulis pake Kaspersky (masalah selera saja) :-).
3. Download Rufus untuk menulis ke USB Drive anda.
  • Browse file ISO Anti Virus Bootable-nya.
  • Arahkan destinasi penulisan ke USB Drive.
  • Start (Tunggu sampe beres).
4. Booting dan setting BIOS.
  • Booting arahkan ke USB Drive yang sudah dibikin tadi. 
  • Booting Mode gunakan Legacy saja agar compatible.
5. Update dahulu Virus Definition sebelom scanning dan lakukan scanning pada drive computer anda.

Tidak ada komentar: