12 November 2004

Move to new ISP

Setelah sekian lama bertahan dengan QuasarNet [http://www.quasar.net.id/] ternyata musti lepas juga. Sangat delematis memang, setidaknya kita tidak ingin pindah dengan kondisi yang ada tp karena ada beberapa alasan yg sangat memberatkan terhadap warnet dengan sangat terpaksa kami musti cari ISP baru.

Terhitung pada tanggal 21-Oktober-2005 dengan adanya pemberitahuan re-numbering IP Address awalnya kita biasa2, saya pikir cuma merubah IP Address-nya aja [Tidak merubah system yg ada], ternyata setelah dapat tlp dari pihak sales kita sempat kaget juga dengan perubahan system yg mendasar ini.

Awalnya kita mendapatkan block IP Static untuk point to pointnya dan block IP Static untuk digunakan di client, dengan regulasi baru ini block IP Static yg biasa digunakan di client tidak dapat direquest kembali ke pihak ISP, padahal saya tau space IP Address ISP saya /21 tentunya cukup banyak. Tapi dengan alasan yg _tidak masuk akal_ menurut saya mereka tidak mau kasi kembali block IP Address itu. Setidaknya kita memang betul2 memerlukan IP Address tersebut untuk beberapa kepentingan user kami.

Dan salah satu yg sangat membut saya shock adalah semua client warnet QuasarNet di arahkan ke 1 IP Address saja gatewaynya, padahal system sebelomnya itu yg baik/benar menurut saya, dan memang layaknya ISP lainnya juga memang demikian biasanya dengan memberikan subnet khusus untuk masing2 clientnya (Tidak disatukan semua clientnya)

Tidak habis pikir kenapa koq bisa systemnya demikian[?], saya tidak tau pasti regulasi dan ada apa sebenernya di QuasarNet. Yang jelas kami sbg warnet terus terang dengan kwalitas links spt itu tidak bisa menjual kepada user dengan kata lain kondisi links-nya tidak layak jual sama sekali.

Ada beberapa prediksi kami:
1. Client warnet terlalu diremehkan oleh pihak ISP[?], karena spt kita ketahui QuasarNet salah satu perusahaan besar atau layaknya kita sebut NAP. Dan banyak anak perusahaannya yg bergerak di bidang infrastruktur telpon. _Bisa jadi_ untuk warnet ini cuma bisnis untuk "cuci mulut" saja.

2. Karena kami warnet kecil yg cuma langganan 64 kbps[?], yg mungkin dianggap income buat mereka "geli2"[?].

Pernyataan diatas cuma sebagian dari kekecewaan kami sbg client yg selayaknya musti di service dengan baik, bagaimana pun kita adalah customer, dan kalo memang dalam hal request IP Address tidak boleh oleh QuasarNet kenapa tidak dicantumkan di SLA mereka misalnya:

- Setiap client tidak boleh merequest IP Static Address apa pun alasannya, _kecuali_ IP Static Address untuk point to point saja.

"Nasi sudah jadi bubur", gimana pun kita tidak bisa apa2 untuk masalah ini. Dan kita tetep berharap warnet kita bisa survive untuk keadaan ini. Ini salah satu cobaan buat kami dan setidaknya jadi pengalaman yg berharga bagi kami dikemudian hari.

Tidak ada komentar: